Minggu, 13 September 2009

Global Warming


Akhir-akhir ini orang sangat sering membicarakan pemanasan global atau biasa disebut global warming. Sebenarnya, apa itu global warming? Global warming adalah keadaan dimana suhu di bumi semakin meningkat. Indonesia sendiri sudah merasakan dampak-dampak dari global warming. Misal :
1. Terjadinya perubahan musim di mana musim kemarau menjadi lebih panjang. Sehingga menyebabkan gagal panen, krisis air bersih, dan kebakaran hutan.
2. Hilangnya berbagai jenis flora dan fauna khususnya di Indonesia. Contoh, pemutihan rangka seluas 30% dan sebanyak 90-95% karang mati di Kepulauan Seribu akibat naiknya suhu air laut.
3. Memicu meningkatnya kasus penyakit tropis seperti malaria dan demam berdarah.
4. dll

Indonesia yang terletak di equator merupakan negara yang pertama sekali akan merasakan dampak perubahan iklim. Dampak tersebut telah dirasakan yaitu pada 1998 menjadi tahun dengan suhu udara terpanas dan semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

Diperkirakan pada 2070 sekitar 800 ribu rumah yang berada di pesisir harus dipindahkan dan sebanyak 2.000 dari 18 ribu pulau di Indonesia akan tenggelam akibat naiknya air laut.

Perubahan iklim yang disebabkan pemanasan global telah menjadi isu besar di dunia. Mencairnya es kutub utara dan kutub selatan yang akan menyebabkan kepunahan habitat di sana merupakan bukti dari pemanasan global.

Pemanasan global disebabkan kegiatan manusia yang mengasilkan emisi gas rumah kaca dari industri, kendaraan bermotor, pembangkit listrik bahkan menggunaan listrik berlebihan.

Untuk mencegah bertambah parahnya dampak dari global warming, kita harus melakukan beberapa tindakan. Yaitu dengan, melakukan penghematan listrik, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi, mengurangi pemakaian kertas/plastik, menghentikan pembakaran dan penebangan hutan.

Ditambahkan, pemerintah harus didesak untuk menggunakan energi terbarukan seperti matahari, air dan angin yang lebih ramah lingkungan.

SAVE OUR LIFE! heal the world (JJ)

1 komentar:

Jeanny Jonno mengatakan...

JUJU niat..
wahaha

Posting Komentar